Wisata Kampung Seribu Topeng Di Malang

Wisata Kampung Seribu Topeng – Untuk para pecinta dan penikmat Wisata Indonesia yang ingin belajar mengenai seni budaya Malangan bisa secara langsung datang ke tempat wisata yang unik di Kota Malang yang berlokasi di Desa Menanti atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kampung Desa Wisata Seribu topeng. Tepatnya adalah Kampung Seribu Topeng ini yang berlokasi di Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur.

Menurut cerita dan juga informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, zaman dahulu kampung ini menjadi sebuah tempat penampung untuk para gelandangan dan juga pengemis. Tetapi, sekarang ini kampung ini di tata ulang dan mendapatkan perbaikan yang menjadi salah satu tempat wisata Malang yang juga telah menjadi ikon wisata yang mengangkat kearifan dan tradisi masyarakat lokal dengan hasil kerajinan pembuatan topeng yang kemudian memiliki nama Kampung Wisata Seribu Topeng Malangan.

Hal tersebut disebabkan bahwasanya Malang mulai terkenal dengan berbagai kerajinan Topeng Malangan. Di tempat wisata – wisata yang unik di Kota Malang yang berlokasi di Kedungkandangan ini terdapat 100 topeng yang dipajang di sekitaran kampung tersebut. Munurut Cerita lagi, dari banyaknya topeng-topeng yang ada tersebut, dua diantaranya dipajang dengan memiliki ukuran yang sangat besar sekali yakni sosok dari Raden Panji Asmoro Bangun dan  juga sosok Dewi Sekartaji.

Wisata Kampung Topeng Malang

Tempat terpampangnya berbagai model dan jenis topeng-topeng ini biasanya dijadikan sebagai salah satu spot sele oleh para wisatawan. Warna-warni yang dihasilkan dari ikon tempat wisata unik Kota Malang ini dapat jujga membuat hasil foto menjadi memiliki ragam warna – warni yang cantik dan juga indah.

Singgah dan menelusuri berbagai tempat wisata Malang untuk anak yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan di Wisata Kampung Seribu Topeng ini kita akan disambut oleh ratusan topeng dengan berbagai warna dan juga berbagai karakter seperti yang ada dalam kisah Panji.

Selain itu kita juga bisa untuk menyaksikan cara proses pembuatan topeng Malangan, mulai dari proses pemilihan yang berbahan dasar kayu sengon yang berupa potongan kayu yang telah di gambar tokoh pewayangan dan juga diukir, dipahat, diberi warna sehingga terbentuk menjadi sebuah topeng yang telah jadi indah. Seluruh kegiatan dari proses pembuatan topeng bisa kita saksikan di tempat Bengkel Kreasi Kampung Topeng.

Di Kampung Wisata Seribu Topeng ini setiap harinya ada pelatihan menari topeng untuk anak-anak, dan juga di tempat wisata Malang untuk anak ini juga sangatlah cocok untuk kita memperkenalkan lebih jauh tradisi dan juga budaya kesenian topeng Malangan kepada buah hati kita masing – masing. Pasalnya di tempat wisata Malang ini, selain juga memproduksi topeng yang digunakan untuk nari, juga terdapat yang diproduksi untuk souvenir. Jadi kita juga dapat mengajak anak-anak kita untuk berlibur sambil juga belajar mewarnai souvenir yang memiliki bentuk topeng kecil dengan ukuran telapak tangan bayi.

Menurut cerita, pemberian warna untuk topeng – topeng tersebut di sesuaikan dengan karakternya, contohnya adalah warna merah yang cocok untuk karakter berani, dan warna hitam untuk cocok karakter yang jahat. Namun untuk para sahabat Pecinta Wisata Indonesia yang membawa anak kecil ke tempat ini, pemberian warna diberikan secara bebas sesuai dengan kreasi dan juga keinginan anak.

Di tempat wisata di Kota Malang ini juga kita bisa membawa banyak sekali oleh-oleh berupa hasil kreasi dari warga sekitar Wisata Kampung Seribu Topeng Malang misalnya souvenir bunga yag dibuat dari bahan dasar daur ulang sehingga berupa kuliner khas dari hasil produksi dari warga binaan. Dikarenakan para pengrajin topeng Malangan mulai menyusut sedikit, harga sebuah topeng malangan saja di hargai cukup relatif tinggi yakni mulai dari Rp. 100.000,- / buah sampai dengan Rp. 1.000.000,- / buah tergantung dari kualitas barang dan juga bahan yang telah digunakan untuk pembuatan topeng Malangan tersebut.

Untuk para sahabat Pecinta Wisata Indonesia yang berkunjung ke lokasi, kita bisa secara langsung mengunjungi tempat wisata yang unik di Kampung Seribu Topeng Malang ini dapat mengikuti akses jalan dengan cara menggunakan kendaraan pribadi baik itu berupa roda dua ataupun roda empat dengan mengikuti rute jalan di dalam peta yang bisa anda temukan di Google Maps.

Untuk anda para sahabat Pecinta Wisata Indonesia yang berasal dari luar kota tidak membawa kendaraan pribadi jangan bingung. Anda bisa menggunakan jasa persewaan motor atau mobil dari kami Arfand Motorent yang sangat murah dan juga mudah. Kami menyediakan sewa untuk anda dengan berbagai pilihan paket yang akan disesuaikan dengan kebutuhan anda berwisata di wilayah Malang raya. Agar lebih mudah dan efisien, anda bisa menggunakan jasa Arfand Motorent dengan menghubungi nomor ini 087701577000

Untuk kebutuhan akomodasi selama di malang :

  1. Sewa Motor 50 ribu/hari : 087701577000
  2. Sewa Kost Harian 50 ribu/hari : 087701567000
  3. Tour Bromo berangkat setiap hari, tanpa minimum peserta. mulai 250ribu per orang : 087701567000
  4. Sewa Mobil termurah di Malang : 087701567000

Anda tidak perlu ragu dengan pelayanan yang akan kami berikan. Selain anda bisa menggunakannya ke wisata kampun topeng, anda juga bisa menggunakannya ke wisata yang lainnya seperti Coban Rondo, Alun – alun kota Malang, Selecta, Jatim Park 1 dan Jatim Park 2, dan masih banyak lagi wisata indah yang bisa anda kunjungi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua.

Silahkan tinggalkan pesan/pertanyaan