Coban Glotak, Wisata Air Terjun Yang Terletak Di Lereng Gunung Kawi

Wisata Coban Glotak

Coban Glotak – Malang merupakan salah satu kota wisata terbaik yang ada di Indonesia. Kota ini memberikan berbagai macam jenis wisata yang tentunya dengan penawaran keindahannya masing – masing yang tiada duanya. Potensi alam dan wisatanya sangatlah kaya jika dibandingkan dengan kota – kota yang berkategori besar lainnya. Satu hal mungkin yang menjadikan kota ini begitu kaya akan berbagai potensi alam dan wisatanya adalah karena kota ini berada di wilayah selatan dan memiliki beberapa pegunungan yang kemudian berpengaruh dalam berbagai kondisi geografis lainnya.

Coban Glotak – Salah satu wisata yang memiliki nama unik dari pada wisata di tempat lainnya adalah wisata coban. Nama ini cukup asing bagi beberapa kalangan yang jarang pergi ke Malang atau bahkan tidak pernah sama sekali berkunjung ke kota yang sering disapa kota apel ini. Ya, coban adalah memiliki arti wisata air terjun. Nama jhas dari Malang inilah yang kemudian menjadi keunikan tersendiri. Ada banyak sekali coban yang bisa anda temukan di kota sejuta pesona alam ini. Salah satu yang cukup bagus dan recomended untuk anda kunjungi adalah Coban Glotak.

Air Terjun Coban Glotak merupakan air terjun yang berada di Kabupaten Malang yang mempunyai ketinggian yakni sekitar 100 meter. Lokasinya sendiri berada di daerah lereng Gunung Kawi. Oleh sebab itu, lingkungan di air terjun yang satu ini bisa dibilang masih sangat alami dari pada yang lainnya.

Menurut warga setempat, selain air terjun ini sesungguhnya ada 7 macam air terjun yang lain. Tetapi, Air Terjun Coban Glotak ini adalah salah satu coban yang berada di urutan paling bawah dari 7 macam coban yang ada di atasnya. Oleh sebab itu, untuk menuju ke lokasi air terjun yang satu ini lumayan cukup sulit. Para engunjung harus rela untuk menyusuri pinggiran sungai.

Secara administratif kepemerintahan, air terjun Coban Glotak ini berlokasi di wilayah Desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Air terjun indah ini sekarang juga masih dikelola oleh pihak perhutani Malang. Kemudian untuk masuk ke lokasi Coban Glotak harga tiket yang harus dibayarkan ialah sebesar 4000 untuk setiap orang nya.

Menurut cerita disebutkan jika nama Coban Glotak yang diambil tersebut berasal dari adanya suara dari bunyi bebatuan yang jatuh bersama – sama dengan jatuhnya air terjun. Kemungkinan saja, itu ada bunyi dari bebatuan yang memang jatuh karena terbawa oleh adanya air. Batu – batu yang jatuh tadi pastinya akan menimbulkan bunyi yakni “klotak – klotak”.

Nah, mungkin dengan melihat dari berbagai kejadian alami tersebutlah yang kemudian malah bisa dijadikan sebagai sebuah nama dari air terjun tersebut. Beberapa orang ada yang beruntung yang berkunjung ke tempat ini, mungkin akan bisa mendengarkan berbagai macam bebunyian itu tadi ketika malam hari tiba.

Cara untuk menuju lokasi air terjun Coban Glotak ini tidaklah terlalu sulit. Lokasinya sendiri memiliki jarak tempuh yakni sekitar 15 km ke arah barat menuju Kota Malang. Atau kurang lebih sekitar 4 km dari Desa Bedalisodo dengan kondisi jalanan yang cukup kurang bagus (sebagian ada yang makadam dan sebagian lagi berupa tanah liat).

Setelah sesampainya di lokasi Desa Bedalisodo perjalanan harus dilanjutkan lagi dengan berjalan kaki untuk menyusuri jalan setapak guna mengikuti aliran sungai yang mata airnya juga berasal dari aliran Coban Glothak sendiri. Perjalanan menuju wisata ini kurang lebih akan menempuh jarak kurang lebih 2 km, sampai tiba di lokasi keberadaaan si air terjun.

Buat anda yang belum mengenal kabupaten Malang sebelumnya, mungkin memang akan akaagak sulit untuk bisa menemukan petunjuk jalan mengenai keberadaan lokasi air terjun tersebut. Oleh sebab itulah, kadang hal ini juga bisa menyulitkan para pengunjung yang ingin melakukan liburan ke Air Terjun Coban Glotak.

Salah satu petunjuk jalan yang lebih jelas lagi adalah di pertigaan Pabrik Gula Kebon Agung. Itu juga jika kalian menyadari dengan adanya petunjuk menuju ke air terjun yang satu ini. Sebaiknya kalian juga dapat menggunakan petunjuk yakni cara menuju ke Coban Glotak melalui aplikasi google maps.

Pasalnya, petunjuk yang tersedia hanya berbentuk petunjuk panah dengan adanya tulisan berupa Coban Glothak 12 kilometer dan sesudah itu lebih baik anda bertanya kepada penduduk lokal mengenai lokasi air terjun Coban Glotak agar tidak tersesat.

Untuk kebutuhan akomodasi selama di malang :

  1. Sewa Motor 50 ribu/hari : 087701577000
  2. Sewa Kost Harian 50 ribu/hari : 087701567000
  3. Tour Bromo berangkat setiap hari, tanpa minimum peserta. mulai 250ribu per orang : 087701567000
  4. Sewa Mobil termurah di Malang : 087701567000

Nah, untuk menemani dan memudahkan perjalanan anda menuju lokasi wisata yang satu ini anda bisa menggunakan jasa sewa transportasi di wilayah Malang raya. Di sini kami dari Arfand Motorent memberikan tawaran kepada anda yang ingin berwisata ke tempat ini. Kami menawarkan transportasi berupa motor, mobil, dan lain – lain sesuai dengan kebutuhan yang anda perlukan. Jika berbicara masalah harga ataupun syarat dan ketentuan pastinya akan lebih memudahkan anda dan murah meriah. Anda bisa langsung menghubingi Arfand Motorent di nomor ini 087701577000 untuk info lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

Silahkan tinggalkan pesan/pertanyaan