Wisata Alam Sumber Jenon Di Malang

 

Sumber Jenon (https://www.kitamuda.id/)

Sumber Jenon – Malang memang memiliki berbagai pesona alam yang sangat luar biasa, mulai dari keindahan pantai, coban, dan juga beberapa sumber air pemandian. Malang adalah salah satu kawasan strategis wisata, mengingat dengan keberadaannya di dataran tinggi yang juga dikelilingi dengan gunung-gunung. Tentunya dengan suhu udara yang lumayan sejuk menjadi salah satu hal yang bisa menjadikan rasa nyaman berada di Malang. Selain itu juga, pemandangan di alam sekitar yang terlihat sangat indah selalu memanjakan mata. Sehingga, sangat wajar jika Malang sebagai salah satu kota yang sejuk, indah, dan sangat pas untuk berwisata.

Banyak tempat-tempat wisata di Malang yang begitu populer di kalangan para wisatawan. Tetapi, untuk sebagian wisatawan bahwa wisata yang sudah terkenal tersebut sensasinya kurang greget alias mainstream. Sehingga tidak sedikit yang ingin suasana baru yang memang benar berbeda.

Pastinya wisata antimainstream yang belum banyak terjamah oleh manusia ini, pasti terasa lebih asri dan alami. Sumber Jenon adalah salah satu wisata pemandian alami dan belum banyak dikenal oleh para wisatawan. Maka cocok sekali untuk liburan seru antimaintream.

Pemandian Sumber Jenon (http://www.reresepan.com)

Sumber Jenon mungkin menjadi nama yang asing terdengar ditelinga, namun tahukah kamu bahwa sumber air ini memanglah jernih. Kondisi ini sangat asyik untuk mandi, apalagi jika siang hari panas Matahari terasa sekali di badan, maka sungguh sangatlah menyegarkan jika menyeburkan badan di sumber air yang satu ini. Sangat jarang sekali ada sumber air yang jernih, apalagi Malang dengan kondisinya sejuk, maka berenang di wisata yang satu ini tentu rasanya cukup dingin penuh dengan sensasi.

Mata air yang jernih sangat cocok untuk berenang-renang sepuasnya tanpa harus takut menjadi keruh. Berbeda jika berenang di sungai biasa yang dilumuri dengan lumpur, maka tergoyang sedikit maka air akan berubah menjadi keruh. Sumber Jenon adalah tempat pemandian yang cocok sekali buat liburan kamu. Di tempat ini kamu tidak hanya bisa menikmati akan beningnya sumber air, namun juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang sangat hijau dan alami. Sangat asyik untuk refresing, apalagi jika kamu sehari-harinya disibukkan dengan kegiatan perkotaan yang penat.

Sumber Jenon berada di desa Gunungronggo, kecamatan Tajinan, kabupaten Malang, provinsi Jawa Timur. Berendam di wisata ini sangat menyegarkan badan, sebab sumber airnya berasal dari pegunungan di kaki gunung Ronggo. Sumber Jenon ini lumayan dalam dengan kedalaman hingga 5 meter. Meskipun begitu namun nampak sangat jernih, terlihat akar-akar pepohonan raksasa, dan banyak ikan-ikan yang berlalu lalang menjadi pemandangan yang indah. Sumber Jenon dari luar terlihat unik, yakni warna airnya hijau kebiruan. Tempat ini cocok untuk berburu foto-foto, kamu bisa selfie dan menikmati jernihnya sumber air dengan ikan-ikan Sengkaring dengan ukuran 170 cm besarnya indukan, dan 50 cm anakannya. Jika kamu ingin berlibur ke tempat ini, maka dapat menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu roda dua atau roda empat. Cek juga wisata yang lain di sini.

Sedikit cerita bahwa di tempat ini ada mitos yang paling santer terdengar dari Sumber Jenon mengenai efeknya yang menyembuhkan. Rumor yang mengatakan bahwa mata air Sumber Jenon diyakini oleh masyarakat mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit, termasuk juga penyakit kulit. Tidak hanya itu saja, dalam sumber mata air ini ada ikan Sengkaring yang diyakini mempunyai usia ratusan tahun.

Ikan Sengkaring merupakan ikan yang berwarna hitam dan merah dengan ukuran sekitar 50-170 centimeter. Jumlah ikan tersebut diyakini tak akan pernah berubah. Walaupun telah secara berkali-kali dipancing, ikan Sengkaring ini diyakini akan tetap berjumlah 37 ekor.

Kemudian, awal mula adanya sumber mata air yang kini dikenal secara luas dengan nama Sumber Jenong lumayan menarik untuk dilirik. Berdasarkan beberapa cerita yang diyakini oleh kebanyakan warga sekitar, kemunculan dari Sumber Jenon berawal dari adanya kisah pasangan Rantung Grati dan Irogat.

Pasangan tersebut hidup di masa Kerajaan Mataram. Sesudah terjadinya peperangan, pasangan suami-istri ini kemudian mengungsi ke daerah yang sekarang dikenal dengan nama Sumber Jenon. Hidup bercocok tanam merupakan jalan yang dipilih dalam rangka menyambung hidup. Untungnya saja, pasangan ini bisa menghasilkan panen yang sangat melimpah.

Namun sayang sekali, pada saat musim kemarau datang, tanaman yang dirawat tidak memperoleh air yang cukup. Pada akhirnya, hampir seluruh tanaman mati yang kemudian berakibat pada menipisnya simpanan pangan yang dimiliki.

Tidak lama kemudian, Rantung Grati segera mungkin berpamitan pada Irogat guna mencari pengairan yang cukup untuk tanamannya. Rantung Grati memilih untuk bertapa di atas Gunung Harimau, tepatnya berada di bawah pohon Jenu.

Menurut cerita, ketika sedang berada dalam masa pertapaan Rantung Grati, secara tiba-tiba muncullah angin kencang yang kemudian menumbangkan pohon Jenu, tempat untuk dirinya bertapa. Tidak disangka, dari bongkahan pohon yang tumbang tadi keluarlah sumber air yang sangat deras. Saking derasnya air, sumber mata air itu membentuk sebuah genangan air besar yang sekarang dikenal dengan nama Sumber Jenong.

Untuk pergi berwisata ke lokasi ini, anda bisa menggunakan jasa kami Arfand Motorent sebagai salah satu transportasi yang akan memudahkan perjalanan anda. Info lebih lanjut hubungi Arfand Motorent.

Sumber Jenon (http://www.malangstreetfire.com)

Silahkan tinggalkan pesan/pertanyaan