Sumber Maron Malang

Sumber Maron – Sumber Maron Malang adalah mata sumber air yang sejuk. Wisata sumber air jernih dan indah yang ada di antara sawah-sawah dan memanjakan mata disekelilingnya. Sumber Maron berasal dari kata “sumber” yang memiliki arti mata air sedangkan “maron” ada dua versi untuk hal itu. Maron merupakan sebuah kata sebutan untuk alat memasak nasi. Ada juga yang menyatakan kondisi kawasan wisata ini yang mirip dengan maron sehingga disebut Sumber Maron.

Masyarakat sekitar memanfaatkan daerah sekitar wisata sebagai tempat budidaya tanaman kangkung. Lokasinya yang ada di antara persawahan membuat para petani sering mampir ke mata air ini setelah bekerja untuk mandi dan mencuci. Setelah dijadikan sebagai salah satu objek wisata akhirnya para wisatawan juga berdatanagn selain penduduk lokal tersebut. Biasanya para wisatawan sekedar menikmati pemandangan indah khas pedesaan yang begitu terasa disini.

Di wisata ini ada juga sebuah air terjun mini yang memiliki ketinggian 5 – 6 meter dan kemiringan mencapai 60 derajat. Air terjun mini tersebut sering disebut oleh warga sekitar dengan istilah Grojogan Sewu.

sumber maron

sumber maron (2.bp.blogspot.com)

Selain untuk objek wisata alam, tempat ini juga sebagai objek wisata edukasi dan tekonologi untuk pelajar, mahasiswa dan juga kalangan lainnya. Maka dari itu terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) sejak tahun 2005.

Lokasi dan Jalan Menuju Sumber Maron

Sumber Maron lokasinya berada di dusun Adiluwih – Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Lokasinya dekat sekali dengan perbatasan kecamatan Gondanglegi ataupun Kepanjen. Jalan masuk untuk menuju wisata ini sama dengan jalan masuk ke Sumber Taman.

Kita harus mengetahui 2 patokan utama dalam melakukan perjalanan, yang paling dari Stadion Kanjuruhan di Kepanjen, yang mudah ditemukan lokasinya. Patokan yang kedua ialah dari pertigaan pasar Gondanglegi. Jalan menuju tempat ini cukup lebar untuk dilewati oleh mobil dan tidak terlalu berliku-liku atau menanjak tinggi jalannya.

Rute Sumber Maron dari Stadion Kanjuruhan (Kepanjen)

Sumber Maron berlokasi kurang lebih 3 km ke arah timur dari stadion Kanjuruhan. Jika titik keberangkatan dari kota Malang, utamanya di bagian barat kota (Sukun, Lowokwaru) maka hanya butuh melakukan perjalanan ke arah selatan melewati Sukun – Kebonsari – Kec. Pakisaji – Kepanjen. Jika sudah tiba di Kepanjen, teruslah lurus sampai di pusat kota (pasar). Dari sinilah papan petunjuk jalan ke Stadion Kanjuruhan akan banyak ditemui di sepanjang jalan. Lanjutkan saja melakukan perjalanan sampai stadion Kanjuruhan. Kunjungi juga wisata ini.

Jika sudah di depan stadion, jalan terus saja kira-kira 3 km ke arah timur (Gondanglegi). Hamparan persawahan dan 2 sungai ditemukan di sepanjang perjalanan. Sesampai di Masjid Jami Darussalam, kiri (utara) jalan, desa Karangsuko, Gondanglegi, maka hanya sekitar puluhan meter saja akan ditemukan plang kecil warna hijau yang bertuliskan Sumber Maron kurang lebih 500 Meter dan papan besar warna hijau bertuliskan (Taman Wisata Sumber Maron Berbasis Edukasi)-KKN Univ Kanjuruhan Malang yang ada di sebelah kanan jalan. Mulai dari papan tersebut lurus masuk ke jalan kecil dan menempuh jarak kurang lebih 400 – 500 meter sampai menemukan papan petunjuk atau bisa tanya petugas.

Rute Sumber Maron dari pertigaan Pasar Gondanglegi

Jika perjalanan dimulai dari bagian timur kota Malang, maka dapat melakukan perjalanan melalui rute Pasar Gadang-Bululawang atau dari Gor Ken Arok-Bululawang. Setelah itu terus saja melakukan perjalanan ke arah selatan sampai di pertigaan pasar Gondanglegi. Setelah itu belok kanan (ke arah barat) lurus saja kurang lebih 5 km sampai melihat papan warna hijau di sebelah kiri jalan dan Masjid Jami Darussalam sebelah kanan jalan tak jauh dari papan tersebut. Kemudian hanya butuh menyusuri jalan kecil seperti yang telah dijelaskan diatas.

Jam Buka dan Tarif atau Retribusi yang Berlaku di Sumber Maron

Jam buka taman wisata ini ialah pada pukul 07:00 sampai dengan pukul 18:00 WIB setiap harinya. Sebenarnya tidak perlu membayar untuk masuknya, kecuali untuk para pengendara sepeda motor atau mobil yang harus membayar karcis parkir. Selain itu juga ada tarif atau harga lainnya termasuk untuk penyewaan ban dalam dan lain-lain di dalam objek wisata ini misalnya:

  • Parkir

sepeda motor, Rp. 2000 per unit

mobil, Rp. 5000 per unit

  • Ban dalam kecil, Rp. 3000 per unit digunakan sampai puas di lokasi wisata
  • Ban dalam sedang, Rp. 7000 per unit digunakan sampai puas di lokasi wisata
  • Ban dalam untuk river tubing, Rp. 10.000 per unit digunakan sampai puas di lokasi wisata
  • Karpet lesehan, Rp. 3000 per lembar
  • Penitipan barang, Rp. 3000 per loker bisa digunakan tanpa batas waktu dalam sehari
  • Kamar Mandi, Rp. 2000 per orang
  • WC, Rp. 1000 per orang
  • Ruang ganti, Rp. 1000 per orang
  • Flying Fox, Rp. 10.000 per orang
  • Terapi ikan, Rp. 15.000 per orang
Wisata Sumber Maron Malang

Wisata Sumber Maron Malang (1.bp.blogspot.com)

Untuk sewa transportasi menuju wisata ini Anda bisa menggunakan jasa dari Arfand Motorent untuk kenyamanan perjalanan. Semoga liburan Anda menyenangkan.

Silahkan tinggalkan pesan/pertanyaan