Air Terjun Coban Tundo

Air Terjun Coban Tundo – Wisata air terjun yang satu ini tepatnya ada di desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika dari kota Malang perlu untuk berkendara lagi sekitar 130 Kilometer. Wisata ini masih sepi pengunjung, air terjun ini bisa dibilang lumayan unik. Karena ada tiga air terjun keren di dalam satu lokasi yang tak terlalu jauh. Di air terjun ini Anda akan bisa mencoba melompat, sampai menceburkan diri disana.

Coban Tundo Malang

Coban Tundo (3.bp.blogspot.com)

Ada tiga rute perjalanan, dengan kondisi sebagian jalanan yang beraspal bagus yang dapat Anda gunakan agar bisa sampai ke air terjun ini. Untuk sampai di tempat ini adalah dengan melewati Bululawang, Turen yang kemudian juga melewati Sumbermanjing Wetan dan lalu mengikuti arah ke Sendang Biru. Sementara untuk dua jalur alternatif yang lainnya ialah dengan melewati Desa Kendung Banteng, dan juga Desa Klepu Juga Desa Sukodono, Kecamatan Dampit.

Jalan menuju untuk menuju Coban Tundo sebenarnya tidaklah terlalu susah untuk dicari. Petunjuk yang pertama ialah Kantor Kelurahan Sukodono. Sebab di dekat kelurahan ini ada sebuah petunjuk arah jalur untuk menuju Coban Tundo yang dibuat oleh para warga sekitar. Dan jika Anda juga masih kebingungan, maka bisa menanyakan ke penduduk pasti akan dikasih tahu.

Apabila Anda sudah menemui Kantor Kelurahan Sukodono, Anda juga pasti akan melewati jalan yang berupa beton yang akan berakhir pada jalan setapak. Lurus saja sampai Anda nanti menemukan tulisan “Tundo 3”. Apabila Anda sudah berhasil menemukan tulisan tersebut, maka artinya lokasi air terjun tersebut sudah tidak jauh lagi.

Untuk kendaraan roda 4 dan sepeda motor dapat Anda gunakan untuk berlibur ke Coban Tundo. Tetapi yang perlu dicatat ialah bahwa kendaran roda 4 hanya akan bisa sampai ke bagian jalan setapak saja. Dari jalan tersebut, kemudian Anda bisa jalan kaki atau naik ojek untuk bisa sampai ke air terjun dengan membayar tiket parkir masuknya IDR 30.000-50.000. Kemudian untuk sepeda motor bisa parkir sampai dekat air terjun.

Jalur setapak untuk menuju Air Terjun Coban Tundo ini memang lumayan ekstrim, Anda harus sangat berhati-hati apabila berkendara dengan menggunakan sepeda motor disini. Jika kurang memiliki pengalaman, lebih baik anda bisa naik ojek saja, tinggal duduk santai. Kira-kira dengan waktu satu jam berkendara melintasi jalur setapak, ditambah juga dengan sedikit jalan kaki, Anda akan tiba di Air Terjun Coban Tundo 1.

Coban Tundo 1 ini merupakan air terjun yang lokasinya ada di bagian paling atas. Air terjun ini juga yang mempunyai cekungan dalam beberapa meter, yang kemudian membuat air terjun yang satu ini bisa juga digunakan untuk berenang. Satu kali lagi, sebaiknya Anda juga benar-benar bisa berenang jika Anda mau mencoba untuk berenang disini. Selain itu juga, jangan sampai Anda terlalu dekat dengan air terjunnya. Disini juga Ada disewakan ban pelampung untuk Anda yang tidak terlalu bisa untuk berenang. Kunjungi juga Coban yang lainnya di Malang.

coban-tundo (1)

coban-tundo (1)(http://1.bp.blogspot.com)

Kemudian air terjun berikutnya adalah Coban Tundo 2 yang juga berada tidak jauh dari air terjun yang utama. Untuk sampai ke air terjun yang kedua, Anda juga masih perlu untuk berjalan sekitar beberapa menit lagi, dan juga melewati tangga yang tingginya kira – kira beberapa meter. Ini tidak jauh, seperti Anda olahraga. Nanti pas di ujung, Anda akan mendapatkan hiburan dengan indahnya air terjun Coban Tundo 2. Dari ketiga macam air terjun yang ada disini, kolam air terjun di Coban Tundo 2 merupakan yang paling dalam. Menurut referensi kedalamannya sekitar 7 meter, lebih baik tidak usah berenang disini, apalagi untuk Anda yang kemampuan berenangnya masih pas-pas-an.

Meski demikian, Coban Tundo 2 ini merupakan air terjun yang bisa memacu adrenalin kita. Ini disebabkan karena ada tempat yang digunakan untuk loncat dari atas bebatuan yang tingginya paling tidak 4-5 meter. Biasanya bagi para penyuka tantangan pastinya ingin mencoba hal ini.

Untuk para wisatawan yang tidak memiliki keberanian lebih, sangat disarankan untuk sewa ban pelampung saja, atau bisa duduk di tepi sambil menikmati makanan. Biasanya di sekitar tempat ini ada yang jual makanan dengan berbagai pilihan yang ada. Jikalaupun Anda main ke air terjun tidak akan selalu harus berenang.

Nah, kemudian air terjun yang terakhir ialah Coban Tundo 3. Air terjun yang satu ini kurang begitu diminati oleh para wisatawan, karena lokasinya yang berada paling jauh. Paling Anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk kemudian bisa sampai disana. Cekungan yang terdapat di air terjun juga paling kecil dan juga paling dalam, jadi lebih baik Anda memang benar-benar tidak berenang di tempat ini. Ini akan sangat berbahaya karena di sini tidak ada yang mengawasi.

coban tundo Malang

coban tundo Malang (drive.thunder.id)

Demikianlah tadi informasi mengenai wisata tiga Air Terjun Coban Tundo yang dapat Anda kunjungi semua sesuai dengan pilihan. Jika Anda membutuhkan transportasi bisa menggunakan jasa dari kami Arfand Motorent dengan pelayanan yang akan memuaskan. Terima kasih.

Silahkan tinggalkan pesan/pertanyaan